Friday, April 26, 2013

Indahnya Sawah Terasering di Tegalalang

Ubud adalah sebuah ibukota kecamatan di Pulau Bali yang terkenal sebagai salah pusat seni dan budaya yang patut dikunjungi oleh wisatawan. Memasuki kota Ubud, kita akan melihat deretan patung batu yang menghiasi rumah-rumah penduduk. Gapura dengan motif relief khas Bali juga ditata dengan apik dan artistik. Lokasinya yang terletak di pegunungan dengan kawasan pertanian yang luas membuat Ubud cocok untuk siapa saja yang menyukai pemandangan hijau berudara segar. Cukup lama saya berada di kota ini. Meskipun kecil, Ubud ramai dikunjungi oleh wisatawan baik domestik maupun manca negara.
Suatu hari saya berkunjung ke Tegalalang. Letaknya sekitar lima belas menit dengan kendaraan bermotor. Ada beberapa warung kopi yang dibangun di lereng gunung menghadap sawah-sawah terasering milik para petani Bali. Kondisi lereng pegunungan yang curam, telah disulap menjadi lahan pertanian yang subur. Orang Bali terkenal dengan kerja-sama pertanian mereka yang disebut Subak. Meskipun pariwisata merupakan penggerak utama perekonomian di Bali, pertanian masih merupakan satu-satunya lahan penghidupan yang menyerap paling banyak tenaga kerja.
Tentu saja wisatawan yang datang ke Bali memerlukan sayur-sayuran, buah-buahan, daging dan berbagai produk pertanian olahan lainnya. Oleh karena itu, industri pariwisata juga didukung oleh sektor pertanian secara penuh. Duduk di warung kopi sambil memandang areal persawahan terasa lebih nikmat ketika para pelayan datang dengan sepoci teh hangat dan sepring pisang goreng.
Saat berada di Tegalalang, saya bisa melupakan sejenak segala kesibukan yang biasanya saya hadapi ketika bekerja di depan komputer. Daya tarik dunia maya memang luar biasa. Tapi keindahan alam pertanian di Tegalalang ini merilekskan dan menyegarkan pikiran saya. Setelah kembali dari sana, pikiran bisa menjadi segar kembali sehingga saya dapat bekerja secara efisien.
Nah, jika Anda sedang stress dengan beban pekerjaan di kantor, cobalah ambil liburan sejenak ke daerah pedesaan atau pegunungan di sekitar Anda.


No comments:

Post a Comment