Monday, February 12, 2018

Burung Surga Raja Pemakan Ikan

Nama Inggrisnya Common Paradise Kingfisher, secara literal artinya Raja-penangkap ikan Surga Umum. Dalam Bahasa Latin, namanya Tanysiptera galatea yang artinya: Putri laut yang cantik berbulu panjang. Spesimen burung ini pertama kali diambil oleh ilmuan Inggris Alfred Russel Wallace pada tahun 1858 di Dorey - the Netherlands New Guinea (sekarang Manokwari - Papua Barat). Karena ekornya bulat seperti raket maka burung ini disebut juga Racquet-tailed Kingfisher.
Racquet-tailed Kingfisher
Meskipun ada kata common = umum, ternyata burung ini tidak dengan mudah ditemukan saat kita berjalan di hutan. Sudah beberapa kali burung ini saya lihat. Saya tidak berjalan mencarinya tetapi burung ini sendiri yang terbang dan hinggap di dahan pohon di dekat saya. Setelah saya memotretnya beberapa kali, baru burung itu kemudian pergi lagi.
Wisatawan pengamat burung yang ingin melihat Common Paradise Kingfisher bisa datang ke kota Manokwari (mama-kota dari Provinsi Papua Barat). Saya melihat burung ini di Hutan Susnguakti - kawasan timur Pegunungan Arfak. Untuk mencapainya, kita perlu naik kendaraan bermotor selama kurang lebih 1 jam, lalu mendaki gunung selama 1 jam. Di dalam hutan, saya dan orang kampung sudah membangun base-camp untuk wisatawan menginap selama beberapa hari guna mengamati burung. Di samping burung tersebut di atas, wisatawan bisa menonton burung - burung surga lainnya seperti Lesser Birds of Paradise dan King Bird of Paradise serta hewan lain yang hidup di hutan Papua. Jika Anda tertarik dengan wisata pengamatan burung di Manokwari, silahkan menghubungi saya Charles Roring lewat whatsapp +6281332245180 atau email: peace4wp@gmail.com

No comments:

Post a Comment