Friday, October 25, 2013

Liburan di Raja Ampat

Pemandangan pulau-pulau karst yang tersebar di Kabupaten Raja Ampat menjadikannya sebagai sebuah daerah tujuan (destinasi) wisata maritim yang terpopuler di Indonesia dan bahkan di dunia. Setiap musim liburan tiba, banyak sekali wisatawan domestik maupun manca negara yang mengambil paket wisata ke daerah yang memiliki lebih dari seribu lima ratus pulau tersebut.
Kepulauan Piaynemo di Kabupaten Raja Ampat
Untuk wisatawan yang bukan penyelam, hal utama yang menarik perhatian mereka adalah Kepulauan Wayag. Sebenarnya pemandangan pulau-pulau karst dapat pula dilihat di Kepulauan Fam (yang disebut juga Piaynemo), Kepulauan Misool dan Kofiau serta Teluk Kabui. Pulau-pulau ini berukuran kecil, terjal dan berada di lautan dengan jarak nyang dekat sekali. Gugusan pulau karst tersebut akan menyajikan pemandangan bahari yang indah sekali jika seseorang berada pada salah satu puncak pulau tersebut. Pada umumnya wisatawan yang bukan penyelam berasal dari Indonesia. Namun mereka suka menikmati snorkeling. Ada banyak sekali spot snorkeling di Raja Ampat.
Selain snorkeling, wisatawan dapat pula melihat burung cendrawasih atau berkunjung ke perkampungan nelayan yang ada di pulau-pulau dari kabupaten itu.
Ikan dan Terumbu Karang di Pulau Arborek - Raja Ampat
Wisatawan yang ingin menjelajah seluruh wilayah Raja Ampat hingga ke kepulauan Misool di bagian selatan pada umumnya mengambil paket wisata yang ditawarkan oleh kapal-kapal layar Phinisi yang disebut juga Liveaboard. Operator tour yang menggunakan kapal liveaboard atau live on board (LOB) tersebut mematok harga paket tour hingga puluhan juta rupiah per orang.
Teluk Kabui di Kepulauan Raja Ampat
Jika Anda memiliki anggaran terbatas, saya sarankan untuk mengambil paket wisata ke Raja Ampat yang membawa Anda untuk menginap di salah satu homestay di sana. Dari homestay tersebut, Anda tetap bisa menjelajah sebagian wilayah di Raja Ampat dengan menggunakan speed boat. Harga paket wisatanya tergolong lebih terjangkau jika Anda ingin bepergian dalam satu kelompok beranggotakan 6 hingga 8 orang.
Silahkan menghubungi saya, Charles Roring, lewat e-mail: peace4wp@gmail.com, atau hp 081332245180 

No comments:

Post a Comment