Tuesday, July 9, 2013

Bersama Wisatawan Perancis Menjelajah Hutan di Manokwari

Salah satu cara untuk melihat keanekaragaman hayati yang ada di dalam hutan hujan tropis adalah dengan berjalan di dalamnya. Awal Juni yang lalu, saya memandu 3 wisatawan Perancis selama 3 hari di belantara Manokwari. Pada hari pertama kami menjelajahi hutan dataran rendah yang ada di sepanjang Sungai Pami. Ini adalah perjalanan yang panjang sekali. Kami mulai pada jam 9.30 pagi dan selesai pada jam 18.30. Wisatawan Perancis itu benar-benar tangguh dan mereka dapat menyelesaikan seluruh perjalanan hari itu. Mereka adalah Anne, Stephanie dan Paul.

Mereka melihat pemandangan hutan yang indah saat berjalan menyusuri sungai Pami. Sangat sedikit turis yang sudah melalukan perjalanan ini. Tujuan dari tur adalah untuk melihat ekosistem hutan hujan tropis yang rumit. Ketika berada di dalam hutan mereka melihat berbagai spesies pohon, kupu-kupu dan burung. Salah satu burung yang menarik sekali untuk diamati adalah taun-taun yang sering terbang di kanopi hutan.
Pada hari berikutnya, program penjelajahan hutan dilanjutkan pada kawasan dataran tinggi antara 1.300 meter hingga 1.500 meter di atas permukaan laut. Wisatawan Perancis tersebut menonton beberapa burung surga seperti Western Parotia (Parotia sefilata), Magnificent Birds of Paradise (Cicinnurus magnificus) yang dalam bahasa lokal dikenal dengan nama Knang. Salah satu burung unik yang dikenal dengan sebutan raja rayu adalah Vogelkop bowerbird (Amblyiornis innornatus). Sayang sekali mereka hanya bisa melihat burung Knang hanya sekejap saja. Saat berada di dalam tempat pengamatan yang berupa gubuk sederhana, mereka berhasil melihat seekor Cinnamon fruit dove.
Pada hari terakhir dari tur yang diikuti tersebut, mereka berjalan kaki sejauh kurang lebih 7 kilometer dari tempat penginapan di kaki gunung Soyti ke Kampung Kwau. Mereka gembira sekali melihat panorama Pegunungan Arfak dengan lereng-lerengnya yang terjal ketika berjalan turun menuju kampung.
Pegunungan Arfak merupakan daerah tujuan wisata yang populer di kalangan wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Papua Barat. Siapa saja yang ingin ikut program penjelajahan hutan ini haruslah memiliki kondisi fisik yang prima. Jika Anda tertarik untuk menikmati keindahan hutan di Manokwari, silahkan menghubungi saya (Charles Roring) dengan email: peace4wp@gmail.com

No comments:

Post a Comment