Wednesday, March 20, 2013

Naik Sepeda Keliling Ubud

Selama berada di Ubud, saya memilih mengendarai sepeda untuk melihat-lihat berbagai tempat yang unik dan menarik. Sengaja saya memilih sepeda dan bukannya mobil atau sepeda motor karena saya ingin mempertahankan kesehatan tubuh agar tetap dalam kondisi prima. Dengan naik sepeda, saya bisa pergi ke restoran untuk membeli makanan yang akan saya bawa ke rumah kontrakan, atau keliling daerah persawahan yang bisa dilihat di sepanjang Jalan Suweta. Kondisi tanah di Ubud yang  bergunung-gunung hanya cocok dijelajahi dengan sepeda gunung. Kalau kelilingnya pakai sepeda biasa, si pengendara akan mengalami kesulitan bila menghadapi jalan yang menanjak. 
Suatu hari saya mengayuh sepeda ke arah barat dari Jalan Raya Ubud kemudian berbelok ke selatan. Saya melewati sederetan galeri lukisan yang memajang kopian karya-karya lukisan dari beberapa seniman besar. Salah satunya adalah milik pastelis dari masa sebelum Perang Dunia II yakni Willem Gerard Hofker. Saya agak sedih melihat hal ini, namun kemungkinan besar itu terjadi karena karya-karya Hofker tersebut tidak tersedia dalam bentuk cetakan. 
Terus saja saya mengayuh sepeda ke arah selatan dan melihat hamparan sawah yang menghijau. Karena pemandangannya bagus maka saya pun berhenti sejenak untuk mengambil beberapa buah gambar dengan menggunakan kamera Nikon Coolpix yang saya bawa kemana-mana. 
Saya juga berhasil memotret burung-burung bangau di sekitar areal persawahan itu. Masyarakat Bali yang sebagian besar beragama Hindu memiliki pura di berbagai tepat. Tempat-tempat peribadatan itu memiliki desain arsitektur dan seni yang unik dan bagus.
Sungguh senang rasanya bisa berolah-raga dan menikmati pemandangan alam Bali yang indah dan permai. Oh ya, hampir lupa, biaya sewa sepeda di Ubud berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 100,000 per hari tergantung pada kualitas sepeda. Rata-rata sepeda yang ditawarkan merupakan sepeda gunung karena cocok dengan wilayah Ubud yang bergunung-gunung. oleh Leo Roring/ E-mail: peace4wp@gmail.com

No comments:

Post a Comment