Thursday, March 14, 2013

Promosi Air Asia di jalanan Bali

Suasana laut dan kota-kota pantai yang saya lihat sepanjang perjalanan dari Papua ke Pulau Jawa tiba-tiba saja berubah ketika saya menginjakkan kaki di Ubud, sebuah kota seni di sebelah utara Denpasar - Bali. Kini pemandangan yang saya lihat adalah hamparan sawah menghijau di kanan-kiri jalan, lukisan dan ukiran yang dipajang di sepanjang toko-toko dan beragam patung dari batu yang menghiasi pura-pura keluarga dan pintu gerbang di setiap rumah masyarakat Bali. Memang wajar sekali kalau Ubud yang penuh dengan karya seni di hampir semua tempat publik merupakan destinasi wisata penting di Pulau Dewata ini setelah Kuta. Tiba di guesthouse, saya langsung tidur. Menjelang sore, saya meninggalkan guesthousedan mulai melakukan sedikit "orientasi lapangan" ke Jalan Raya Ubud.
Suasana kota wisata ini nampak kental di Jalan Raya Ubud. Ada money changer, restoran, toko pakaian, supermarket dan galeri seni. Jalan yang cukup ramai dilalui kendaraan akan menjadi macet bila didatangi oleh bus-bus wisata yang berukuran besar. Ada satu hal menarik yang menangkap perhatian saya. Ada beberapa buah sepeda yang dikemudikan oleh beberapa orang anak muda berseragam kaos merah. Di belakang sepeda-sepeda tersebut, ada kereta kecil yang juga berwarna merah dengan pesan "We Give You the World. Fly through from Bali - Tokyo, China, Taipei, Osaka Korea.  Word's Best Low Cost Airline | Air Asia.
Melihat nama Air Asia di kaos merah dan topi sang pengemudi sepeda dan papan promosi perusahaan penerbangan murah tersebut, saya cukup kagum dibuatnya. Ternyata Air Asia menerapkan cara yang pintar dan ramah lingkungan dalam menarik perhatian para wisatawan yang ada di Ubud. Pasti hal yang sama dilakukan pula oleh Maskapai Penerbangan tersebut di kawasan wisata lainnya seperti Kuta, Legian, Sanur atau Nusa Dua. Selain efektif sekali dalam mempromosikan produknya, Air Asia secara tidak langsung telah mengajak orang untuk naik sepeda kalau hendak bepergian. Bersepeda setiap hari adalah gaya hidup yang menyehatkan. oleh Leo Roring

No comments:

Post a Comment