Saturday, March 2, 2013

Telkomsel ada di tengah Laut

Sudah lama sekali saya tidak berlayar. Akhirnya saya mendapat kesempatan untuk berkunjung ke kota Surabaya. Dari Manokwari, saya naik KM Labobar yang dioperasikan oleh Maskapai Pelayaran Nasional Indonesia (PT PELNI). Sore itu, suasana di pelabuhan Manokwari cukup ramai. Banyak sekali para penumpang dan pengantar yang lalu-lalang di dermaga. Saya berangkat ke Jawa bulan Desember satu hari setelah natal, jadi wajar kalau jumlah penumpang cukup membludak. Banyak orang yang hendak mudik natal dan tahun baru. Saya sengaja membeli tiket kelas 1 supaya bisa menulis sambil berlayar.
Bisa Menelpon dari Tengah Lautan
Setelah naik dan menaruh tas di kamar, saya mulai berkeliling deck utama kapal untuk melihat-lihat. Ternyata mendekati bagian buritan, terpampang iklan Telkomsel. Isinya merupakan kejutan baru buat saya. Para penumpang kapal ini sudah bisa berkomunikasi dengan keluarga mereka saat kapal sedang berada di tengah laut, cukup dengan membeli kartu AS. Bila pulsanya habis maka bisa diisi kembali menggunakan fasilitas M-Kios yang ada di atas kapal tersebut. Mungkin info ini sudah lama tapi terbilang baru buat saya. 
Nampaknya ketersediaan sarana telekomunikasi di KM Labobar ini bisa ditemukan pula di atas kapal-kapal penumpang lainnya yang dioperasikan oleh PT PELNI. Ini adalah kemajuan dan saya pikir sangat dibutuhkan oleh penumpang yang ingin sekali berbicara dengan keluarga mereka yang sedang berada di darat. Selain kartu As, pemilik kartu Halo dan SIMPATI juga bisa menelpon sanak-saudara mereka dari tengah lautan. Perkembangan menarik ini perlu disambut oleh seluruh rakyat Indonesia karena sekarang tidak hanya di darat saja kita bersatu tetapi juga di laut. Pasti ini adalah upaya PELNI untuk tetap memberikan pelayanan maksimal kepada pelanggannya. Di tengah-tengah meningkatnya suhu persaingan dalam jasa transportasi, PELNI harus bekerja ekstra keras menghadapi banyaknya maskapai penerbangan yang menawarkan tiket murah untuk destinasi-destinasi yang sama.
Kualitas Pelayanan dan Kebersihan
Kapal-kapal penumpang PELNI adalah kapal yang mahal dan canggih. Hampir semuanya dibangun di Jerman. Untuk tetap bisa bertahan di dunia jasa transportasi, PELNI harus mampu menjaga kualitas pelayanan dan keamanan penumpang yang baik serta kebersihan kapal. Peran PELNI dalam pembangunan masyarakat pesisir Indonesia sangatlah penting. oleh Charles Roring/ E-mail: peace4wp@gmail.com

No comments:

Post a Comment