Wednesday, March 6, 2013

Pelabuhan Makassar

Masih berkaitan dengan posting saya sebelumnya tentang kapal-kapal di Selat Makassar, sekarang saya ingin melanjutkan lagi cerita tentang Pelabuhan Makassar. Ini adalah pelabuhan teramai di Indonesia Timur yang menjadi tempat persinggahan bagi berbagai jenis kapal baik yang berukuran besar maupun kecil penumpang. Kalau dilihat dari laut, terminal penumpang ada di sebelah kiri sedangkan terminal peti kemas ada di sebelah kanan. Crane pengangkat peti kemas berwarna biru, merah, dan kuning berjejer sepanjang dermaga siap melaksanakan tugasnya memuat dan membongkar kontainer dari kapal. Ada sebuah kapal barang (cargo ship) yang sandar di dermaga kontainer. Dengan fitur optical zoom yang ada pada kamera digital Nikon Coolpix P500, saya memperbesar gambar cargo ship tersebut dan mendapati bahwa nama kapal itu adalah Magnolia Star. Sebagian besar kapal yang berlabuh di perairan sekitar Pelabuhan Makassar dalam keadaan kosong. Hal ini mudah diketahui dari tinggi sarat air kapal-kapal barang tersebut yang kecil. Lambung kapal yang kosong mencuat dari dalam air laut. 
Dari atas geladak utama KM Labobar, saya bisa melihat excavator berbaris di dermaga. Sebagian masih baru. Excavator yang didominasi warna kuning itu bermerek Cat, Hitachi, JCB,, dan Hyundai. Hanyak merek JCB yang baru saya kenal. Setelah mencari tahu di Google, akhirnya saya mendapati bahwa JCB merupakan nama perusahaan multinasional pembuat alat barat yang berasal dari Inggris Raya. 
Pesatnya laju pertumbuhan ekonomi di Indonesia mendorong naiknya kebutuhan akan alat-alat berat yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan berbagai proyek konstruksi baik untuk pembuatan jalan, bangunan, bendungan, jembatan maupun pelabuhan. Saya juga melihat alat berat lainnya seperti bulldozer dan loader di pelabuhan. oleh Charles Roring/ E-mail: peace4wp@gmail.com

No comments:

Post a Comment